Waktu Terbaik Untuk Berdoa Agar Dikabulkan Allah Oleh ALLAH SWT


Islam / Wednesday, March 7th, 2018

Salah satu bentuk usaha usaha yang dapat kita upayakan agar doa kita bisa dikabulkan oleh Allah SWT adalah dengan menggunakan waktu-waktu tertentu yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT bahwa doa yang dilakukan pada saat waktu-waktu itu akan dikabulkan. Berikut beberapa waktu terbaik untuk berdoa agar dikabulkan Allah SWT

1. Saat Adzan Berkumandang
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dianjurkan kepada kita semua untuk menjawab seruan adzan dengan lafazh yang juga sama ketika adzan dikumandangkan juga termasuk salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Seperti sabda Rasulullah SAW

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (H.R. Abu Daud,)

2. Sepertiga malam terakhir dan saat  sahur
Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang mau dan rajin berdoa pada saat sepertiga malam terakhir. Allah SWT berfirman tentang tanda-tanda orang yang bertaqwa, salah satunya adalah :

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.” (Q.S. Adz-Dzariyat 18)

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yangpaling tepat dan penuh berkah, sebab pada saat itu Allah SWT sedang turun ke langit dunia dan akan senantiasa mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang pada saat itu sedang berdoa. Rasulullah SAW bersabda :

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman : “Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (H.R. Bukhari, Muslim)
Waktu terbaik untuk berdoa
3. Saat Sujud dalam sholat

Rasulullah SAW bersabda :
“Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (H.R. Muslim)

4. Antara adzan dan iqomah
Jeda yang ada diantara adzan dan iqamah adalah merupakan waktu yang juga dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah SAW :

“Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (H.R. Tirmidzi)

5. Saat turun hujan
Hujan merupakan rahmat dan nikmat yang datangnya dari Allah SWT. Oleh karena itu kita tidak diperbolehkan untuk mencelanyaKadang sebagian orang ada yang merasa jengkel pada saat turun hujan, padahal yang menciptakan dan berhak menurunkan hujan tidak lain adalah Allah SWT. Oleh karenanya, daripada kita menghujat hujan alangkah lebih baik lagi jika kita memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa serta memohon apa saja yang diinginkan kepada Allah SWT :

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (H.R Al-Hakim)

Demikian penjelasan singkat mengenai waktu terbaik untuk berdoa agar dikabulkan Allah SWT. Sebenarnya ada beberapa waktu lain lagi yang dapat dipakai untuk berdoa, mudah-mudahan lain kali bisa saya bagikan lagi ya. Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan dan menerima semua amal ibadah kita. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *