Tips Agar Anak Tidak Nakal


Family & Parenting / Tuesday, March 28th, 2017

Tips Agar Anak Tidak Nakal . Anak merupakan anugerah bagi setiap hubungan rumah tangga. Keberadaan seorang anak sangat dinantikan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Selain sebagai keturunan, anak juga merupakan masa depan bagi orang tuanya kelak, oleh karena itu setiap orang tua menginginkan anaknya memiliki kepribadian yang baik. Dalam perkembangannya tentu anak memiliki masa-masa nakal, menjadi kewajiban bagi orang tua untuk mendidik, mengarahkan, dan mengawasi agar kenakalannya bisa berkurang dan menghilang dari pribadi seorang anak saat menuju dewasa nanti. Berikut adalah beberapa tips untuk membiasakan agar anak tidak nakal yang bisa diterapkan sebagai panduan Anda.

Beberapa Tips Agar Anak Tidak Nakal

Perkembangan kepribadian anak ditentukan oleh lingkungan keluarga dan dipengaruhi oleh lingkungan sosial serta media sosial. Tindak di masing-masing lingkungan tidak bisa disamakan, berikut adalah tipsnya.

1. Tips dari dalam keluarga sendiri
Keluarga merupakan guru dan benteng bagi kepribadian seorang anak. Setiap apa yang dilihat dan didengar oleh seorang anak akan sangat berpengaruh terhadap pola pikirnya, karena itu lebih disarankan untuk menunjukan hubungan keluarga yang harmonis di depan anak. Berikan contoh perilaku yang baik untuk mendorong agar sikap anak juga menjadi baik, seperti berkata sopan dan berperilaku santun. Berkata sopan seperti membiasakan anak untuk mengucap tolong saat meminta sesuatu dan terima kasih saat menerima sesuatu. Berperilaku sopan, hindari tindakan kekerasan saat mendidik seorang anak. Terkadang keadaan orang tua yang sudah lelah ditambah dengan anak yang nakal rentan tindakan kekerasan, sebelum bertindak pikirkanlah cara lain yang lebih lembut, apabila merasa tidak bisa lagi menangani Anda bisa pergi ke kamar menjauhkan diri sejenak hingga pikiran Anda kembali jernih.

2. Tips dengan lingkungan sosial
Sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa lepas dari lingkungan masyarakat. Lingkungan di mana ada banyak karakter manusia yang baik dan juga buruk. Orang tua bisa mengawasi dari jauh, dengan siapa anaknya bergaul, di lingkungan seperti apa tempat anak bersosial. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan pengawasan tersebut Anda bisa meminta tolong kepada tetangga untuk melaporkan apabila sang anak berbuat nakal. Jangan menggertak atau memarahi anak di luar rumah di depan teman-temannya agar sang anak tidak merasa dipermalukan. Bicarakanlah setiap permasalahan di dalam rumah dengan suasana keluarga yang hangat. Ajarkan kebiasaan bertanggung jawab terhadap kenakalan yang dilakukan, apabila diperlukan berilah sanksi yang mendidik yang membuat anak tidak ingin melakukannya lagi. Tips Agar Anak Tidak NakalĀ Tips Agar Anak Tidak Nakal

3. Tips terhadap media sosial
Di jaman modern sekarang, selain masyarakat sosial ada juga media sosial yang bisa mempengaruhi kepribadian anak. Dunia sosial dari berbagai media seperti televisi dan internet juga perlu untuk diperhatikan. Saat sedang menonton televisi bersama anak pilihlah siaran yang mengandung pendidikan anak hindari memilih chanel yang berisi kekerasan baik kekerasan fisik maupun psikis. Apabila menonton acara kartun terdapat tindakan yang tidak baik, orang tua dapat memberi tahu anaknya bahwa apa yang dilihat tidak benar dan tidak boleh dilakukan dalam dunia nyata. Awasi setiap selancar anak di dunia maya, disarankan memberinya gadget agar anak memakai internet di rumah bukan di warnet. Jika menggunakan internet di rumah tentu akan memudahkan orang tua untuk mengawasi dan menghindarkan anak dari konten-konten yang tidak baik terhadap perkembangan mental anak.

Demikian beberapa tips mendidik agar anak tidak nakal. Memberinya contoh dan menjaganya dari perilaku nakal sangat penting dilakukan oleh orang tua untuk menghasilkan generasi yang berakhlak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *