Niat Puasa Syawal Dan Tata Caranya


Islam / Wednesday, September 27th, 2017

Niat puasa syawal – bulan Syawal merupakan sebuah bulan dalam kalender hijriah yang ada sesudah ramadhan. Di mana dalam bulan ini terdapat salah satu ibadah sunnah yang mempunyai keutamaan dan pahala yang luar biasa dengan menjalankan ibadah puasa sunnah pada bulan syawal. Meskipun bagi sebagian umat islam merasa berat melaksanakan ibadah ini, namun sebagian dari mereka ada yang merasa senang untuk melakukan ibadah sunah ini.

Salah satu sebab beratnya melakukan ibadah ini ialah karena mereka sudah menjalankan puasa selama satu bulan penuh di bulan ramadhan. Namun jika seandainya puasa sunah tersebut di tinggalkan akan sangat di sayangkan, sebab memiliki fadilah sangat besar yakni pahalanya yang bisa di ibaratkan seperti melaksanakan puasa dalam waktu satu tahun. Jadi jangan sampai anda menyianyiakan kesempatan istimewa ini.

Kemudian kapan puasa syawal tersebut di laksanakan? Serupa dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa senin kamis ataupun arafah, waktu ibadah puasa syawal juga di tentukan yakni 6 hari dari tanggal 2,3,4,5,6 hingga tanggal tujuh bulan syawal. Tapi bila tidak sempat di waktu tersebut, anda juga bisa melakukan pada enam hari lain di bulan syawal asalkan masih ada di bulan tersebut.

Pada puasa sunnah syawal, tatacaranya juga tak jauh beda dengan puasa lainnya. Mulai dari tata cara, serta hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Tetapi hal yang paling penting ialah anda mengetahui bagaimana Niat puasa syawal. Karena bacaan doa niat dalam puasa syawal berbeda dengan puasa lainnya seperti dalam niat puasa qadha.

Arti niat puasa syawal tersebut ialah Saya berniat puasa sunnah enam hari pada bulan Syawal hanya karena Allah ta’aala.

puasa 2017

Mengingat sangat istimewanya melakukan ibadah puasa ini, maka akan sangat disayangkan jika anda tidak melaksanakannya. Selain itu puasa ini juga hanya ada setahun sekali.

Cara menjalankan ibadah Puasa Syawal selama 6 Hari:

– Harus sudah lunas hutang ibadah puasa wajib dibulan ramadhan.

– Dilakukan dari tanggal 2 syawal dan boleh berurutan juga bisa diselang seling.

– Niat di dalam hati.

– Melakukan makan sahur yang waktunya sampai imsak.

– Harus tetap menjaga puasa yakni menghindari hal yang dapat membatalkan Puasa atau pahala nya.

Fadhilah menjalankan ibadah puasa bulan Syawal selama 6 hari bisa diibaratkan seakan akan melakukan berpuasa dalam waktu satu tahun penuh. Setelah lunas hutang puasa dibulan Ramadhan kemudian menambah dengan 6 hari ibadah puasa tersebut. Tetapi makna dari fadhilah ini perlu digali dengan mendalam karena makna dalam setiap hadits sendiri tidak cuma secara lisan bisa diketahui maksud nya.

puasa syawal 2017

Puasa enam hari pada bulan syawal termasuk salah satu ibadah sunna dalam syariat Islam. Yang mana ibadah ini merupakan pelengkap yang akan mengikuti puasa ramadhan. Selain itu puasa ini juga bisa dijadikan sebagai pembuktian apakah seseorang mendapat jenjang ketakwaan yang telah mejadi target pada puasa ramadhan maupun tidak. Yang mana di antara tanda-tanda wali Allah tak lain ialah orang-orang bertakwa yang telah mengerjakan seluruh amalan sunnah sesudah mengerjakan semua ibadah yang wajib. Oleh sebab itu hendaknya seorang muslim dapat mengamalkan puasa sunnah setelah mengamalkan puasa wajib di bulan ramadhan. Jika anda akan menjalankan ibadah puasa syawal selama 6 hari, maka jangan lupa untuk membaca Niat puasa syawal dalam hati. Ini sebagai penyempurna ibadah puasa sunnah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *