Mulai Puasa Ramadhan 2017


Islam / Tuesday, December 5th, 2017

Mulai puasa 2017 – Bagi seorang Muslim, puasa merupakan sebuah komitmen yang harus dianut oleh individu yang dengan fisik dan mempunyai usia yang cukup. Dalam artian sudah sah dan wajib untuk mengikuti ibadah puasa di bulan ramadhan mengaktualisasikan Ramadhan juga tambahan yang digambarkan dalam Surat Al­Baqarah ayat 183. Dengan bersumber dari ayat ini, jelas bila dengan melakukan puasa di bulan Ramadan merupakan suatu komitmen yang harus di niatkan dan juga di laksanakan.

Seperti yang kita semua tahu bahwa bulan Ramadhan 2017 merupakan bulan yang penuh berkah dan juga penuh hikmah. Ramadhan juga merupakan satu dari kesembilan dalam kalender Islam. Puasa Ramadhan wajib dilaksanakan di bulan Ramadhan oleh orang Islam. Ramadhan ini di dahului dengan bulan Sya’ban dan di akhiri dengan bulan Syawwal, sedangkan Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri didahului dengan bulan Ramadhan dan juga di akhiri dengan bulan Dzul-Qa’idah. Lalu kapankan mulai puasa 2017 dan jatuh pada tanggal dan bulan berapa? Puasa Ramadhan pada tahun ini 2017 insya Allah di awali pada tanggal 27 Mei 2017 atau 1 Ramadhan 1438 H.

Sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri sendiri ini jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 atau 1 Syawwal 1438 H. Akan tetapi terlepas dari persoalan ini, kita yang merupakan sebagai umat Muslim juga tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan jadi masalah, sebab perbedaan di mulai dan di akhirinya puasa Ramadhan nantinya. Yang terpenting kita lebih meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan yang akan datang ini. Puasa memang merupakan sebuah kondisi yang dimana seseorang harus menahan semua hal yang ada di dalam dirinya, baik itu makan, minum atau hingga syahwat sekalipun. Namun yang seringkali masih dibingungkan oleh pertanda kapan puasa ini boleh dilakukan atau batas waktu yang tepat untuk mengawali puasa? Adapun untuk mengawali puasa ini ialah dengan datangnya imsak. Imsak ini sendiri ini adalah waktu dimulainya untuk menahan semua hal yang membatalkan puasa.

Akan tetapi, yang perlu di ingat di saat imsak kita juga masih diperbolehkan untuk makan dan juga minum, selama belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami terkait dengan pengertian imsak ialah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat sampai masuk subuh. Masih sama dengan penjelasan terkait pengertian imsak di atas bahwa batas mulai puasa ini bukan masuknya waktu imsak, akan tetapi yang benar masuknya waktu subuh. Sehingga juga sudah sangat jelas sesuai pengertian imsak ini, asal belum masuk waktu shubuh, kita masih do perbolehkan untuk makan, minum serta melakukan hal yang lain.

Tidak ada ketentuan kita sudah harus imsak sebelum masuknya waktu shubuh. Sebab batas mulai puasa tersebut bukan sejak imsak akan tetapi sejak masuknya waktu shubuh. Lalu bagaimana saat kita hendak berpuasa namun waktunya sangat mepet dan sudah memasuki awal imsak? Sesuai dengan pengertian imsak di atas, jika kita bangun untuk makan sahur akan tetapi waktu sudah sangat dekat dengan waktu adzan subuh yang sudah menyatakan imsak maka tidak usah khawatir. Karena sebenarnya kita masih memiliki waktu 10 sampai 15 menit lagi untuk makan sahur. Anda bisa menggunakan 10 menit tersebut untuk makan sahur agar puasa di siang hari tidak akan terasa berat. Demikian artikel terkait kapan mulai puasa 2017, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *