Bagaimana Cara Praktis Agar Cepat Menghilangkan Bau Mulut


Health / Tuesday, February 28th, 2017

Memiliki masalah bau mulut itu memang sangat mengganggu dan bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. Jika ingin berbicara dengan orang lain, Anda sering merasa tidak percaya diri karena orang yang diajak bicara tidak nyaman. Kebanyakan orang mengira jika masalah bau mulut itu disebabkan karena jarang sikat gigi tetapi nyatanya tidak juga. Ada faktor lain yang bisa menyebabkan nafas menjadi tidak segar.

Tips Menghilangkan Bau Mulut yang Cepat

Memiliki bau nafas yang tidak enak itu sangat merugikan sekali. Orang lain yang diajak bicara pasti sangat tidak nyaman dan apabila Anda bekerja yang berhubungan dengan orang banyak, hal itu tentu menjadi masalah besar. Oleh karena itu, Anda harus segera menanganinya dan di sini ada beberapa cara yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Gosok gigi secara teratur

Tidak bisa dipungkiri lagi jika kebersihan mulut utamanya gigi bisa mempengaruhi bau nafas seseorang. Jika banyak kotoran atau sisa makanan yang masih menempel di gigi, maka tak heran hal itu bisa menyebabkan timbulnya bau mulut. Maka dari itu, solusi pertama yang harus dilakukan adalah menggosok gigi secara teratur. Waktu menyikat gigi yang efektif adalah pagi hari setelah sarapan dan kemudian sebelum tidur di malam hari. Namun jika Anda memiliki nafas yang tidak sedap, menggosok gigi bisa 3 kali sehari.

  1. Berkumur-kumur dengan air rebusan daun sirih

Daun sirih manfaatnya sangat banyak, hal ini dikarenakan daun sirih memiliki zat antiseptic atau zat anti bakteri yang alami. Karena itulah air rebusan daun sirih sangat berkhasiat untuk menghilangkan kuman-kuman penyebab bau mulut. Caranya pun gampang, Anda tinggal merebus beberapa lembar daun sirih dan kumur-kumurlah secara teratur. Masalah bau mulut pun akan cepat teratasi dengan tumbuhan herbal tersebut.

  1. Menghindari rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab nafas menjadi tidak enak. Bau tembakau dan nikotin yang sangat kuat bisa membuat nafas seseorang menjadi bau. Untuk itu Anda harus sebisa mungkin mengurangi rokok dan rokok sendiri tidak baik untuk kesehatan.

  1. Mengkonsumsi buah

Banyak yang mengatakan jika buah adalah makanan pencuci mulut. Itu memang benar karena setelah memakan buah maka mulut menjadi segar dan tidak bau. Utamanya adalah buah yang banyak mengandung vitamin C karena vitamin C sendiri bisa mengatasi masalah kesehatan mulut. Buah yang dianjurkan adalah lemon dan jeruk nipis.

  1. Menghindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut

Bila tidak ingin memiliki nafas yang tidak sedap maka tips selanjutnya adalah menghindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Makanan tersebut adalah pete dan jengkol, kedua makanan itu memang sangat dikenal masyarakat sebagai makanan penyumbang bau mulut terkuat.

  1. Berkumur dengan obat kumur

Anda tentu pernah melihat iklan obat kumur di TV bukan? Obat tersebut digunakan setelah sikat gigi dan itu sangat dianjurkan. Selain bisa membersihkan gigi secara menyeluruh, obat kumur juga dipercaya untuk membuat nafas menjadi segar.

  1. Kumur dengan air garam

Mungkin tips yang terakhir ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dalam memelihara kesehatan mulut. Air garam juga terbukti ampuh bisa menghilangkan bau mulut karena memiliki kandungan zat antibakteri alami.

Ketujuh tips di atas bisa Anda coba dan terapkan setiap hari untuk mendapatkan nafas yang sedap. Dengan begitu rasa percaya diri Anda akan kembali dan orang lain pun tidak akan merasa dirugikan karena Anda berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *